Monday, December 1, 2008

Etika Meminta Maaf

saya dgw, kadepops kri spt 923,
ijin bergabung meramaikan blog leteng ini,,
tyulisan berikut mengenai meminta maaf,
pada kesempatan ini saya juga meminta maaf yang sebesar-besarnya apabila saya punya salah kepada morowira crew yang lain, baik selama taruna maupun selama kedinasan.
BZ slalu buat seluruh moro wira crew, mari kita lupakan kesalahan teman dan mengingat kebaikanya saja, kompak slalu morowira. YES

Meminta maaf, why not ?
Kata maaf memang mudah di ucapkan, tetapi ternyata banyak yang enggan untuk mengucapkanya. Dua suku kata itu menjadi sangat susah untuk diucapkan oleh banyak orang karena berbagai alasan. Baik meminta maaf maupun memberi maaf ternyata sangatlah susah. Berikut nyong berusaha menyingkap tabir mengapa orang begitu susah untuk meminta maaf. nyong berharap setelah membaca tulisan ini, pembaca semua menjadi orang yang mudah mengakui kesalahan dan meminta maaf dan juga mudah untuk memaafkan apabila ada orang yang meminta maaf.

• MEMINTA MAAF TIDAK MENGENAL STATUS : apapun posisi anda dan kepada siapapun anda ingin meminta maaf, adalah tidak ada ketabuan dalam meminta maaf.. Banyak orang yang merasa hina ketika meminta maaf karena kesombongan dirinya bahwa dia tidak pantas meminta maaf. Karena kesombongannya inilah dia menjadi orang yang membenarkan setiap kesalahannya. Anda pejabat, adalah pantas saja anda meminta maaf kepada anak buah, toh anda juga manusia yang tidak selalu benar. Anda seorang ayah, tidak merupakan tindakan yang hina dan merugikan kalau anda minta maaf kepada istri maupun anak-anak anda, justru akan mempererat cinta kasih diantara anggota keluarga. Anda seorang bos, tidaklah tabu dan membahayakan bisnis anda misalkan anda mengulurkan tangan memita maaf kepada karyawan anda. Anda orang kaya di lingkungan anda, tidaklah menjadi jatuh martabat anda karena minta maaf kepada orang yang miskin di sekitar anda. Intinya apapun posisi anda janganlah menjadi penghalang untuk meminta maaf. Ingat, setiap orang bisa berbuat salah dan dengan meminta maaf tidak akan jatuh harkat dan martabat anda, tetapi itu menunjukkan kebesaran dan keluhuran jiwa anda. Setuju…..?
• JANGAN BERBURUK SANGKA SEBELUM MEMINTA MAAF. Banyak orang yang khawatir tidak akan di maafkan ketika dia mau meminta maaf. Bagi anda peminta maaf, bukanlah urusan anda akan dimaafkan atau tidak. Hal itu adalah urusan yang dimintai maaf. Tetapi apabila anda sudah berani meminta maaf, satu keuntungan sudah pasti anda dapatkan yaitu anda telah memaafkan diri anda sendiri. Tidak akan ada lagi rasa bersalah kepada orang lain yang akan menyiksa hati dan pikiran anda, tetapi walaupun begitu tetaplah menyesal dan berusahalah tetap memperbaiki kesalahan yang telah anda lakukan.
• MEMINTA MAAF AKAN MERUBAH PERMUSUHAN MENJADI RASA SALING PENGERTIAN. Dengan anda meminta maaf, rasa permusuhan yang umumnya mendatangkan kerugian akan berganti menjadi rasa persahabatan dan saling pengertian diantara sesama. Ingatlah, api pasti padam oleh air, begitu juga rasa benci yang membara seseorang terhadap anda akan sirna apabila anda menyikapinya dengan dingin dan lembut seperti sifat air.

Dari uraian saya diatas nyong berharap anda menjadi orang yang tidak merasa selalu benar, mempunyai hati yang lembut dan terbebas dari rasa sombong. Meminta maaflah selagi anda punya kesempatan. Pisahkan rasa benci dan permusuhan dari hati anda. Rasa benci akan menyiksa diri anda sendiri. thankyu.
By : Dedi Gunawan W. Lettu Laut (P) Nrp.15409/P

0 comments:

 
© free template by Blogspot tutorial